Visit to Borobudur

Aku memang dua kali ke Borobudur (1998 dan 2000), tapi waktu itu selalu bepergian dengan bus Pariwisata bersama rombongan jadi ngak tahu benar jalur transportasinya. Kali ini aku berangkat sama “bini-ku” Imaculada de Almeida Godinho (Tita). Berangkat dari Semarang sekitar 0930hrs dari Peterongan dengan bus Ramayana jurusan RT @ BorobudurYogyakarta. Sampai di terminal Magelang sekitar 1130hrs dan melanjutkan perjalanan dengan angkutan lain ke Borobudur. Tiba di Borobudur sekitar 1330hrs. Dari terminal Borobudur, kita bisa berjalan kaki kearah selatan menuju Candi Borobudur, tapi ada juga opsi naik becak atau Dokar (itu lho yang ditarik sama Kuda).

Saat kami kesana kemarin, karcis masuk Candi Borobudur cuma Rp.9000 atau setara dengan $1.00 (murah iya…..). Setelah masuk ke zone pariwisata Borobudur, tidak terlihat sesuatu yang sangat istimewa (itu kata Tita, Candi-nya masih ketutup oleh pohon2). Berjalan sekitar 500 meter kami berdua sampai di pintu masuk Candi Borobudur kemudian sambil berfoto-foto. Pada saat yang bersamaan, banyak juga kunjungan rombongan dari berbagai sekolah, organisasi dan juga rombongan bule-bule. Pasti pembaca yang pernah kesana udah tahu, setiap pengunjung pasti ngak nyaman sekali untuk bertamasya karena kita selalu dihinggap oleh para “penjual cendramata”, tukang motret sampai pada “tour Guide” yang memang selalu mencari kesempatan. Aku pikir, pemotret yang menawarkan jasa photo atau tour guide “is okey” tapi para penjual itu sebaiknya diorganisir dan membatasi kehadirannya di zone dalam Candi Borobudur. Padahal kelihatannya mereka udah diberikan stand untuk jualan diluar tapi tetap aja ada yang menerobos masuk ke zone larang “ZONE 1, ZONE 2 dan ZONE 3 DILARANG BERJUALAN”. Memang seperti itulah wajah pariwisata Candi Borobudur dan di Indonesia pada umumnya. Aku pernah diberitahu perihal ini ketika masih di Dili oleh seorang bule yang kebetulan juga berkunjung ke Borobudur, katanya “ngak nyaman banget”. Bule itu gimana sich, “sdikit-sdikit gak nyaman, sdikit-sdikit gak nyaman, gak nyaman koq Cuma sdikit” heheheheh…….itu khan kata si Is… yang di Republik Mimpi.

Well, bagaimanapun Candi Borobudur memang punya nilai wisata tinggi, hanya saja pihak yang mengelola perlu menambah fasilitas-fasilitas wisata yang semi modern agar lebih menarik perhatian lagi. Karena saya rasa, gak ada yang berubah dilingkungan sekitar Candi Borobudur dari waktu-kewaktu, ini akan membuat kebosanan para wisatawan. Pihak pengelola (bersama pemerintah Id) seharusnya sudah mulai memikirkan pengelolaan dan pemakaran yang lebih baik dan ditunjang dengan promosi yang lebih baik keseluruh pelosok dunia.

RT on Borobudur --KissSatu hal yang sangat menarik, knapa koq hamper semua STUPA yang ada di Candi Borobudur itu tanpa Kepala? Saya memang gak hitung berapa yang berkepala tapi, jumlahnya sangat sedikit, sayang iya katanya pernah dicuri dan terkena gempa juga. Banyak sekali lukisan-lukisan dinding yang sudah tidak tersusun sesuai, itu klo kita perhatikan kaya saya…….hehehehe.

Iya tapi secara keseluruhan, Candi Borobudur tetap karya-karya ajaib jaman dahulu yang unik dan ngak terbayangi gimana cara membangun candi seperti, dengan alat apa iya?. Ternyata orang-orang dulu itu pintar-pintar dan hebat-hebat iya……bisa membuat bangunan yang megah seperti itu dengan pahatan-pahatan lukisan yang sangat indah. Sehingga aku juga termasuk sangat nyesal ketika diumumkan klo Candi Borobudur itu tidak termasuk 7 keajaiban dunia yang baru…….

Sampai disini dulu iya.!…..sekitar jam 1700hrs, kita kembali ke Magelang dan melanjutkan perjalanan ke Semarang . Berharap, besok-besok bisa ke Prambanan lagi……..(eeeehhhh..disini itu sekolah apa jalan-jalan iya…)

R

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: