Kakek-ku Tercinta

Avõ, SerenumalaiPagi dinihari 16 August 2007, tidak seperti biasanya bangun kesiangan, koq rasanya sekitar jam 4.40 itu saya sudah terbangun dari tidur nyenyak, padahal semalam saya baru utak-atik program mysql-foxpro. Rasanya Ngantuk banget tapi, tidak lama setelah berselang, telpon yang biasanya saya matiin setiap mo tidur itu semalam lupa di matiin dari berdering. Hati saya langsung merasa ngak enak dan dug-dag-an, rasannya pasti ada yang gak beres nich.

Ternyata dugaan ku benar, Ayahku mengatakan dari ujung telpon di Lospalos, bahwa Kakek-ku “SERENUMALAI (Jose Dinis Machado)” telah meninggal. Aku sangat kaget sebab dialah kakek satu-satunya yang paling saya cintai dan sayangi. Sejak kecil memang kami selalu dibela sama kakeku itu. Kalo mo tahu aja, ia itu dalah seorang tokoh yang cukup dihargai dan hormati di jamannya. Dia udah ada tiga jaman, sejak jaman Portugis, Indonesia, dan samapi saat ini ketika jaman kemerdekaan. Usia, saya sendiri tidak tahu persis, ketika tahun lalu saya berlibur ke Lospalos dan bertanya usia, kakek-ku cuma bilang dia juga dak tahu usianya berapa, tapi dia mengatakn bahwa ketika JAPAN invasi ke Timor-Leste, di sidah mendaftarkan diri sebagai warga negara resmi TP waktu itu, dan jika memang iya makan usianya waktu kira-kira 18 tahun sesuai dengan aturan pemerintah Portugal waktu itu.

Iya, dia memang hebat di mata saya, ketika masih kecil, kami selalu menghormati dia, itu karena di menjadi orang yang sangat dihargai orang-orang disekitarnya. Perasaan saya, gak ada dari keenam anaknya yang bakal mengikuti gaya hidupnya, termasuk ayahanda saya Alfredo Dinis Machado.

Februari lalu, saya terakhir mengunjugi dirinya di Lospalos, saat itu itu adalah acara kematian Istri-keduanya, Isabel Machado (Paiacaras). kesehatannya waktu itu sangat baik, tapi ternyata itu tidaklah menjadi jaminan untuk berhatan lebih lama lagi.

Saat ini, dia sudah tiada, aku dan istriku masih di Semarang, tapi aku sudah merasakan bahwa tiada lagi sura-suara tawa dari mulutnya ketika aku kembali ke Lospalos akhir tahun ini. Semoga di bahagia dimanapun diberada saat ini.

R

Leave a Reply

