The Indictment to Omar Al-Bashir & Relocation Plan

Tanggal 11 July, baru 3 hari saya berada di Darfur tapi berita heboh sudah dimulai. Berawal dari konflik yang terjadi di wilayah utara Darfur yang mengakibatkan hilangnya nyawa tentara Rwanda yang bergabung di bawah Misi PBB. Tanggal 8 July atau persis ketika kami tiba di El-Fasher, ternyata di sudut lain Region in terjadi ambush yang dilakukan oleh sekelompok militia terhadap pasukan PBB yang sedang melakukan patroli.

Dari konflik itu mengakibatkan 7 Rwandan dan 1 Police Ugandan juga ikut tewas di TKP. Sampai sai menulis blog ini, belum tahu siapa yang melakukan serangan ini, namun UN HQ di New York sangat menyesalkan kejadian ini dan tentunya ini sangat berpengaruh terhadap proses perdamaian di Darfur.

Omar Al-Bashir, The President of Sudan

Hari ini, bahkan Komite Pengadilan International (ICC) yang bermarkas di Den haag, melalui Boss-nya O Campo menyatakan akan membawa kasus ini ke meja hijau selanjutnya menuduh Presiden Sudan Omar Al-Bashir telah melakukan GENOCIDE dan bila terbukti akan melakukan penangkapan (“to arrest”).

Issue yang sangat gembor ini menyita perhatian UN management, karena jika itu benar-benar terjadi maka keselamatan UN staff akan sangat dipertanyakan dan bahkan Misi UNAMID bisa gagal. Berdasarkan informasi itu, UNAMID lalu memutuskan untuk melakukan “Relocation Plan” terhadap “non-essential” staff untuk segera di relokasikan ke Entebe (Uganda) atau Addis Ababa (Ethiopia).Tapi nama saya nggak pernah adal dalam daftar relocation staff, jadi saya harus berada di El-Fasher. Mungkin saya termasuk penting kali iya…..!

R

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: